Monday, January 17, 2011

Kombinasi Batik Kraton & Pesisir

WARMCLICK.CO.CC- Para perajin batik tulis dan cap di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengembangkan batik yang bercorak keraton dan pesisir sekaligus yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain.

ilustrasi: Batik Cirebon
"Batik Cirebon tersebut dikembangkan dengan corak keraton dan pesisir sekaligus dan itu sudah dilakukan secara turum menurun," kata seorang perajin batik yang juga Sekretaris Batik Trusmi Medi Masena, Senin (17/1/2011).

Dikatakan, batik keraton di Cirebon sudah ada sekitar abad ke-16 dan buktinya terdapat di musem keraton kesepuhan Cirebon.

Ciri-cirinya antara lain lukisan yang ditampilkan terdapat gapura kraton. Motifnya antara lain siti inggil, singabarong dan singa panjang.

Berdasarkan cerita orang tua, katanya, pada masa kerajaan tersebut, batik kraton tidak boleh dipakai oleh rakyat biasa.

"Ada semacam pengaduan para perajin pada waktu itu, kenapa perajin yang membuat kok tidak boleh memakainya," katanya.

Atas kebijakan para orang tua dulu, maka dibuatkanlah batik yang bukan bermotif keraton (pedalaman), yakni bermotif alam sekitar atau yang sekarang dikenal dengan batik pesisir.

Maka, berkembanglah batik rakyat dan batik kratonan. Batik pesisir tersebut antara lain ringin rongkat atau beringin roboh, dara tarung atau burung dara berkelahi, dan yang terkenal sampai sekarang adalah motif mega mendung.

Pada awalnya, mega mendung tersebut berwarna merah maron, tetapi sekarang semua warna sudah terdapat dalama batik mega mendung.

"Para pendatang biasanya mencari batik ciri khas Cirebon sebagai oleh-oleh adalah mega mendung," katanya

1 komentar:

batik indonesia banyak macemnya .... bahkan dari yg mahal sampe yg murah ada semuanya .... mantap beud dah gan ....
I Love Batik

Post a Comment

DEAR ALL VISITOR , MUCH APPRECIATE PLEASE LEAVE YOUR COMMENT IN BUTTON OUR POSTING AND SUPPORT OUR SPONSOR
THANKS...BEFORE....
GREAT FROM ADMIN:
WARMCLICK

 
site meter