Monday, January 3, 2011

Kamus bahasa Nias-Indonesia,Kamus Li Niha

WARMCLICK-CO.CC-Para pencinta bahasa daerah kini dapat mempelajari bahasa Nias lewat kamus. Kamus bahasa Nias-Indonesia yang bernama Kamus Li Niha akan diluncurkan secara resmi, Selasa (4/1/2011) ini.

Peluncuran Kamus Li Niha menurut rencana digelar di Hotel Swiss Bell, Cabridge Mall, Jalan S Parman, Medan, pukul 14.00. Acara peluncuran ini bakal dihadiri para pejabat teras dari Pulau Nias, tokoh masyarakat di Sumatera Utara, serta warga dan tokoh Nias yang berdomisili di Medan.

Penyusun kamus ini, Apolonius Lase, penyelaras bahasa di harian Kompas, yang dihubungi Kompas.com, mengaku senang akhirnya kamus yang ia susun sejak 2002 itu bisa diterbitkan Penerbit Buku Kompas.

Penyusunan kamus ini, menurut Apollo, dilatarbelakangi keprihatinannya akan semakin hilangnya pemakaian bahasa Nias di kalangan anak-anak, utamanya yang berada di kota dan perantauan.

"Posko Delasiga (sebuah organisasi kemasyarakatan nirlaba yang dikelola putra Nias di Jakarta) mau mendukung penerbitan ini sehingga kekhawatiran tersebut bisa sedikit diatasi. Bahasa daerah harus kita selamatkan," ujarnya.

Kini, kata Apollo, para pencinta bahasa daerah bisa belajar bahasa Nias lewat kamus ini. "Saya sengaja membuat contoh kalimat untuk setiap lema dan kata turunannya agar siapa pun bisa dengan mudah memahami bahasa Nias," kata Apollo. Ia menambahkan, kamusnya sudah bisa didapatkan di Toko Buku Gramedia mulai hari ini.

Tidak hanya kamus, sebuah buku tentang foklor berjudul Jejak-jejak Cerita Rakyat Nias juga diluncurkan. Buku foklor tersebut dikarang oleh seorang dokter yang berdomisili di Yogyakarta, Victor Zebua.

Acara peluncuran yang dimeriahkan artis penyanyi dari Nias, Tice Halawa, dan penampilan sanggar seni pimpinan Hikayat Manaƶ ini akan dirangkai dengan pameran foto seputar gempa Nias yang terjadi pada 28 Maret 2005. "Orang Medan dan sekitarnya bisa mampir menyaksikan acara yang berlangsung sampai besok," ujar Apollo.

0 komentar:

Post a Comment

DEAR ALL VISITOR , MUCH APPRECIATE PLEASE LEAVE YOUR COMMENT IN BUTTON OUR POSTING AND SUPPORT OUR SPONSOR
THANKS...BEFORE....
GREAT FROM ADMIN:
WARMCLICK

 
site meter